Thursday, March 15, 2018

SD Negeri Karanganyar 1 Siap Menjadi Sekolah Adiwiyata Kabupaten Demak Tahun 2018

Siswa SD Karanganyar 1 Memanfaatkan Taman dan Gazebo
Salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup adalah program Adiwiyata. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Dengan adanya program tersebut, harapannya akan muncul sekolah-sekolah Adiwiyata yang berwawasan lingkungan. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Program Adiwiyata dilaksanakan berdasarkan prinsip edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan. Sementara itu komponen Program Adiwiyata terdiri dari beberapa aspek sebagai berikut

  1. aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan;
  2. aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan;
  3. aspek kegiatan sekolah berbasis partisipatif; dan
  4. aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan

Tahun 2018 ini, sebagai salah satu lembaga penyelenggaran pendidikan di wilayah kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak berkesempatan untuk mengusulkan diri menjadi Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten. Hal ini dimaksudkan untuk ikut mensukseskan program Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan beberapa Kementerian Lainnya, termasuk dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Stand Expo SD Karanganyar 1 dalam rangka Kampanya Program 3R
Sebagai langkah awal, SD Karanganyar 1 sudah mempersiapkan beberapa dokumen awal sebagai pendukung seleksi Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Demak tahun 2018 ini. Tim Pengembang Kurikulum SD Karanganyar 1 sudah melakukan review kurikulum untuk disesuaikan dengan program PPLH dalam Adiwiyata. Selain itu, Tim Pengembang Kurikulum juga sudah mengkaji dan memperbaharui visi dan misi sekolah terkait dengan program pendidikan berwawasan lingkungan.

Dari segi anggaran, Tim Penyusun RKAS juga sudah melakukan Rapat Review RKAS Perubahan guna kepentingan berbagai anggaran dan kegiatan yang terkait dengan program Adiwiyata, yaitu dengan menganggarkan lebih dari 20% anggaran sekolah untuk kegiatan-kegiatan yang mendukung pelaksanaan program pendidikan berbasis lingkungan.
Lingkungan Sekolah yang Hijau dan Asri akan Membuat Siswa Nyaman Belajar
Program Adiwiyata ini juga sudah disosialisasikan kepada semua warga sekolah. Ketua Komite Sekolah sebagai tangan panjang wali murid menyatakan dukungan terhadap program Adiwiyata yang dijalankan oleh sekolah. “Pada dasarnya kami sangat mendukung apa yang menjadi kebijakan sekolah selama itu positif dan memberikan dampak yang baik terhadap warga sekolah,” kata Noor Choliq, selaku Ketua Komite SD Karanganyar 1.

Sementara itu, Jumiatun, S.Pd, M.Si selaku kepala SD Karanganyar 1 berkata “Program Adiwiyata ini adalah program yang tidak instan namun berkelanjutan, berkesinambungan, apa yang kurang kemudian disempurnakan sehingga bisa menjadi sekolah adiwiyata nasional bahkan adiwiyata mandiri. Oleh karena itu kami membutuhkan dukungan semua pihak.”

0 comments:

Post a Comment