Saturday, January 19, 2019

Piket Kebersihan Kelas Berdampak Positif bagi Lingkungan Sekolah dan Karakter Siswa di SD Negeri Karanganyar 1

Siswa Kelas 6 SD Negeri Karanganyar 1 Melaksanakan Piket Kebersihan Kelas
di Halaman Depan Kelas, Sabtu 19/01/2019
Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab sekolah. Sekolah yang bersih akan membuat warga sekolah nyaman dalam belajar. Di samping itu, sekolah yang bersih akan menghindarkan datangnya penyakit.

Oleh karena itu, lingkungan sekolah harus dibersihakan secara berkala. Begitu juga dengan lingkungan kelas, juga harus dibersihkan secara rutin.

Membiasakan siswa untuk hidup sehat dan bersih dalam lingkungan sekolah salah satunya bisa dilakukan dengan cara piket kelas. Kegiatan piket bisa dilakukan setiap hari ketika pagi hari sebelum pembelajaran dimulai atau siang hari setelah pembelajaran usai.

Setiap siswa bertugas untuk membersihkan ruang kelas dan halaman kelas seperti menyapu, menghapus papan tulis, mengambil buku di perpustakaan, menata ruang kelas agar tetap rapi, menyiram bunga dan tanaman di taman kelas, membersihkan kaca dan jendela, bahkan sampai mengepel.

Selain membuat lingkungan kelas menjadi bersih dan bebas sampah, piket keebrsihan kelas memberikan manfaat lain yang tak kalah penting. Inilah manfaat lain membiasakan piket kebersihan kelas pada siswa.

Melatih Tanggung Jawab Siswa
Rasa tanggung jawab akan tumbuh setelah siswa diberi kewajiban untuk piket kelas. Adanya piket kelas mengharuskan siswa untuk melakukan kewajibannya. Siswa hanya bertugas piket seminggu sekali, dan kegiatan tersebut berulang selama satu semeser. Semester kedua tugas piket bisa di-rolling. Ketika ada salah satu siswa yang tidak melakukan tugasnya untuk piket maka teman yang lain dalam kelompoknya akan mengingatkan. Kebiasaan itu lama-lama akan tumbuh menjadi sebuah tangung jawab. Contoh lain ketika kondisi kelas terlihat kotor, maka siswa yang piket pada hari itu akan bertugas untuk membersihkan kelas.

Melatih Kedisiplinan Siswa
Sikap disiplin siswa akan tumbuh dengan sendirinya melalui rutinitas piket kebersihan kelas. Siswa yang tergabung dalam regu piket kebersihan kelas tentu akan berusaha berangkat lebih pagi agar bisa segera sampai di sekolah dan melaksakan kewajibannya sebagai anggota regu piket kebersihan kelas. Tentu hal ini secara tidak langsung akan melatih kedisiplinan siswa.

Melatih Kejujuran Siswa
Kejujuran bisa dilatih melalui kegiatan piket kelas. Ketika anak mendapatkan tugas untuk membersihkan kelas seminggu sekali, maka kejujuran itu akan tumbuh dengan sendirinya. Sudah melakukan kebersihan kelas atau belum, ketika dilihat atau tanpa dilihat teman-temannya dan gurunya. Melatih sifat jujur melalui pembiasaan baik seperti piket akan baik jika dilakukan secara rutin.

Melatih Sikap Toleransi antar Siswa
Sikap toleransi ternyata juga bisa tumbuh dari kebiasaan piket kelas. Hal ini bisa terlihat ketika piket dilakukan setelah jam pelajaran usai. Siswa yang bertugas membersihkan kelas akan bergantian dan saling menunggu teman yang lain. Pekerjaan membersihkan kelas menjadi tanggung jawab bersama, selama belum bersih siswa akan saling menunggu sampai kelas terlihat bersih dan rapi.

0 comments:

Post a Comment