Friday, January 18, 2019

SD Negeri Karanganyar 1 Mendirikan Bank Sampah Sekolah Untuk Mengatasai Masalah Sampah di Sekolah

Permasalahan sampah sudah menjadi permasalahan umum di lingkungan kita, tak terkecuali di lingkungan sekolah. Apalagi sekolah sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dapat menjadi penghasil sampah terbesar selain pasar, rumah tangga, restoran, perkantoran atau tempat-tempat umum lainnya.

Sampah yang menumpuk terlalu banyak tanpa ada pengelolaan yang baik akan menimbulkan dampak negative bagi sekolah seperti sumber penyakit dan merusak keindahan. Meski hasil penelitian dan penemuan tentang manfaat sampah telah banyak diungkapkan, namun dalam kenyataan sehari-hari, masih banyak sampah yang terabaikan dan dilihat sebagai satu materi yang sudah tidak memiliki kegunaan.

Oleh karena itu, SD Negeri Karanganyar 1 sebagai sekolah adiwiyata mendirikan Bank Sampah Sekolah untuk mengatasi permasalahan sampah di sekolah. Bank Sampah Sekolah yang didirikan diberi nama Bank Sampah Berkah. Diharapkan dengan adanya Bank Sampah Berkah ini sampah-sampah yang awalnya dipandang sebelah mata dapat membawa berkah bagi semua warga sekolah.

Rapat Pembentukan Tim Pengelola Bank Sampah Berkah
SD Negeri Karanganyar 1 14/07/2018

Seperti diketahui bersama bahwa Bank Sampah adalah suatu sistem pengolahan sampah kering secara kolektif dengan menampung, memiliah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomi sehingga keuntungan ekonomi dari menabung sampah. Dengan demikian sampah yang disetorkan oleh warga sekolah harus dipilah terlebih dahulu.

Kepala SD Negeri Karanganyar 1, Jumiatun, S.Pd., M.Si, mengatakan bahwa keberadaan Bank Sampah di sekolah sangat penting dan akan memberikan manfaat yang positif bagi warga sekolah. Oleh karena itu, beliau meminta dukungan semua pihak untuk mengembangkan Bank Sampah Berkah di SD Negeri Karanganyar 1.

“Pendirian Bank Sampah di sekolah sangat penting guna mendidik semua warga sekolah, terutama para siswa. Hal ini dikarenakan sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah harus dapat membentuk insan-insan yang bersikap dan berperilaku peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar. Bank Sampah ini juga merupakan perwujudan kampanye 3R di sekolah yaitu Reduce, Reuse dan Recycle. Program 3R ini merupakan salah satu program sekolah adiwiyata. Sistem pemanfaatan sampah melalui Bank Sampah akan memberikan keuntungan kepada semua pihak”, ungkapnya.

Untuk menjalankan Bank Sampah Berkah di SD Negeri Karanganyar 1, kepala sekolah juga telah menetapkan SK Tim Pengelola Bank Sampah dalam rangka mewujudkan pendidikan yang peduli dan  berbudaya lingkungan di SD Negeri Karanganyar 1. Tim Pengelola Bank Sampah Berkah SD Negeri Karanganyar 1 adalah sebagai berikut :


0 comments:

Post a Comment