Thursday, January 17, 2019

SD Negeri Karanganyar 1 Terima Bantuan Tempat Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak

Bantuan 10 Set Tempat Sampah dan 2 Komposter
dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Demak 15/09/2018
SD Negeri Karanganyar 1 memperoleh bantuan 10 set tempat sampah dan 2 composter dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak. Pemberian bantuan ini sebagai tindak lanjut dari proposal permohonan bantuan tempat sampah dan composter yang diajukan oleh SD Negeri Karanganyar 1.
Kini, sebanyak 10 set tempat sampah dan 2 composter tersebut siap dioperasionalkan di sekolah.

Kepala SD Negeri Karanganyar 1, Jumiatun, S.Pd., M.Si. mengatakan, pihak sekolah mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak yang telah memberikan bantuan tempat sampah dan composter yang sangat dibutuhkan oleh sekolah dalam mengatasai permasalahan sampah.

“10 set tempat sampah dan 2 composter yang kami terima, secara tidak langsung mengajarkan kepada warga sekolah untuk dapat membedakan dan memilah sampah organik dan anorganik baik yang bisa didaur ulang maupun tidak. Disamping itu adanya komposter, maka sekolah dapat mengolah organik menjadi kompos yang bisa digunakan sebagai pupuk”, ungkapnya.

Bantuan 10 Set Tempat Sampah dan 2 Komposter dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Demak
Diangkut Menggunakan Colt 15/09/2018
Menurutnya, kemajuan pendidikan memerlukan dukungan ketersedian sarana dan prasarana pendidikan yang nyaman, aman dan bersih sehingga tercipta suasana lingkungan belajar yang sehat dan seimbang serta mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sejalan dengan jiwa otonom dan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah harus memiliki daya dukung yang meliputi tenaga kependidikan, sarana dan prasarana pendidikan, situasi dan kondisi memadai sebagai penunjang strategi pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar.

Beliau menambahkan bahwa dengan adanya bantuan tempat sampah dan komposter ini diharapkan dapat menciptakan sarana pendidikan yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan di SD Negeri Karanganyar 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Harapan lainnya yaitu menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tenang, dan aman demi kelacaran dan kemudahan dalam proses pembelajaran dan Mendukung pencapaian visi dan misi sekolah yang berwawasan lingkungan

Sementara itu salah satu siswa SD Negeri Karanganyar 1, Indriana Fitriani mengaku senang dengan adanya tempat sampah baru yang sudah dibedakan antara sampah organik dan daur ulang.

“Senang sekali ya ada tempat sampah baru di depan kelas kami. Tempat sampahnya sudah dibedakan untuk sampah organik untuk daun, sisa makanan dan kulit buah, terus ada lagi tempat sampah untuk daur ulang kartas, kardus, koran dan tempat sampah untuk daur ulang sampah berupa botol, plastik, dan kaleng. Jadi tidak asal buang.

Dengan adanya bantuan tempat sampah organik dan non-organik ini diharapakan dapat memberikan motivasi kepada seluruh warga sekolah agar memiliki kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Keberadaan tempat sampah dan komposter ini dapat mendukung SD Negeri Karanganyar 1 sebagai sekolah adiwiyata.

0 comments:

Post a Comment